Buscar

Páginas

Cara Menggunakan Catok Rambut

Mencatok rambut adalah cara mudah untuk mengubah tampilan rambut. Tak heran bila mayoritas kaum perempuan lebih menyukai rambut lurus. Atau kalaupun ada curly, itu hanya di bagian bawah rambut saja.
Untunglah, saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rambut lurus. Selain dengan rebonding, yang bisa dilakukan adalah dengan  menggunakan alat catok. Bahkan, penggunaan alat catok lebih disukai, karena bisa menghasilkan tatanan rambut seperti yang diiginkan.
Namun, yang harus diingat, pemakaian alat catok tentu tidak boleh sembarangan. Sebab, paparan panas secara terus-menerus pada rambut bisa merusak rambut.

Di pasaran memang banyak dijual berbagai jenis alat catok rambut, mulai harga murah sampai mahal. Alat catok sendiri pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua, yaitu yang digunakan untuk meluruskan rambut dan membentuk rambut menjadi lebih curly.
Fungsi alat catok rambut ini sebenarnya adalah sebagai styling. Dengan menggunakan alat catok, tatanan rambut akan jadi lebih rapi dan halus. Sedangkan bagi yang ingin rambutnya lebih bergelmbang, tatanan rambut akan lebih curly namun tetap rapi.

Cara Menggunakan Catok Rambut
Selain memperhatikan pemilihan alat catok, cara menggunakan alat catok adalah juga harus diperhatikan. Agar tidak mudah merusak rambut, berikut ini cara tepat menggunakan alat catok:
  • Atur Suhu
Kali pertama mencatok, terutama bagi pemula, gunakan suhu paling rendah atau minimum. Kalau sudah profesional boleh langsung menggunakan suhu tinggi.
  • Bagi Rambut
Bagi rambut yang sudah dilindungi (dioles) moisturizer menjadi beberapa bagian, dan untuk bagian yang akan dicatok, ambil sedikit saja untuk lebih memudahkan. Agar mudah, dahulukan bagian samping, boleh kiri atau kanan dulu.
  • Dua Sentimeter dari Akar Rambut
Jangan mencatok tepat dari pangkal rambut. Tapi, beri jarak sekitar dua sentimeter, kemudian tarik hingga ujungnya. Bila tidak begitu, rambut akan menumpuk di bagian tengah sehingga rambut akan kelihatan kusut. Kesalahan yang sering terjadi adalah menggunakan alat catok tidak sampai ujungnya atau hanya berhenti di tengah. Itu menyebabkan rambut jadi statis atau mudah kusut.

Dampak Yang Bisa Terjadi Akibat Sering Mencatok Rambut
Dikatakan Anton, mencatok rambut setiap hari memang diperbolehkan asal cara menggunakannya tepat. Bila tidak, mencatok rambut setiap hari akan merusak rambut, seperti:
  • Rambut Mudah Rontok, Hal ini terjadi karena penarikan yang terlalu kuat dan berulang-ulang sehingga kekuatan akar rambut menjadi rapuh.
  • Kering, terpapar panas dari alat catok terus-menerus tanpa pelindung dapat menyebabkan rambut menjadi kering, apalagi bila suhu yang digunakan terlalu tinggi.


    Sumber : http://elniasalon.blogspot.com

1 komentar:

Median

thanks buat tugas gw :v

Posting Komentar