Buscar

Páginas

Tips Agar Tidak Boros Saat Belanja

Seringkali para wanita melakukan pemborosan saat belanja. Apalagi jika ada diskon atau ada dress cantik model baru di etalase toko. Setelah sampai di rumah, baru menyesal telah menghabiskan uang untuk barang tidak perlu (tidak perlu malu mengakui ini, hampir semua wanita pernah mengalaminya).

Tidak ingin buang-buang uang dan menyesal telah membeli barang yang tidak perlu? Tips berikut akan menyelamatkan Anda dan tabungan.


Buat 2 Rekening Tabungan
Jika Anda hanya punya satu rekening di bank, misalnya berisi uang Rp 50 juta, maka Anda cenderung berpikir, "Wah uang saya masih banyak, tak apa kalau belanja ini itu," Tidak heran jika tabungan Anda seringkali tidak mengalami peningkatan (bahkan berkurang drastis) karena menganggap tabungan masih banyak.

Bandingkan jika rekening yang biasa Anda pakai untuk hidup sehari-hari dan belanja hanya terisi Rp 10 juta, maka Anda akan berpikir, "Uang saya hanya sekian, harus pintar-pintar menjaga pengeluaran.
Karena itu, menurut Lutfi Trizki, seorang pakar keuangan, dilansir Antara, lebih baik jika Anda membuat dua rekening tabungan. Satu rekening untuk dana operasional (dana hidup setiap bulan) dan satu rekening untuk tabungan. Setelah menerima gaji, langsung pisahkan berapa yang akan Anda tabung dan berapa yang Anda belanjakan.

Jadi, saat menggesek ATM di rekening operasional, Anda hanya akan melihat uang operasional, dan uang tabungan Anda tidak tersentuh.

Butuh atau Ingin?
Wanita sering tergoda melihat barang diskon. Sebenarnya barang itu tidak dibutuhkan, tetapi karena 'mumpung lagi diskon', barang tersebut dibeli. Seringnya nih.. para wanita akan menyesal setelah sampai di rumah. Tetapi kebiasaan ini seringkali terulang kembali.

Untuk mengatasinya, coba tanyakan pada diri Anda:

"Saya memang membutuhkan barang ini atau hanya ingin saja?"

Pikirkan, seberapa besar kepentingan benda itu untuk hidup Anda. Jika jawabannya hanya ingin, segera tinggalkan. Jika jawabannya butuh, jawab lagi pertanyaan ini:

"Apakah saya butuh untuk saat ini, atau bisa ditunda?"

Jika barang tersebut bisa ditunda pembeliannya, tak ada salahnya ditunda. Menunda dua atau tiga bulan bisa menurunkan harga benda tersebut, khususnya barang elektronik.

Itu dia sedikit tips dari kami agar Anda tidak boros, punya tabungan yang aman dan tidak lagi menyesal karena telah membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Sumber : http://www.vemale.com

0 komentar:

Posting Komentar